Rabu, 30 Maret 2016

Kebetulan


      Sebenarnya apa yang disebut kebetulan?  Apakah kebetulan itu merupakan suatu kejadian yg terjadi begitu saja tanpa adanya sebab akibat. atau tanpa kita sadari. atau mungkin sesuatu yang terjadi tanpa kita ikhtiarkan?
      Entahlah,  aku sendiri juga masih bingung dengan arti kebetulan ini,  tapi terlalu naif rasanya jika kejadian apapun yang kita alami kita sebut dengan suatu kebetulan. misalnya ketika ada seorang akhwat yang masih bimbang untuk berhijrah menutup auratnya,  tak lama setelah itu ia 'kebetulan'  dipertemukan dengan seorang berhijab panjang yg terlihat sangat teduh sekali pandangan nya, senyuman tuluspun tersungging dari wajah manisnya,  ah wajahnya sangat berwibawa sekali. seketika hatinya pun terenyuh dan tergerak untuk segera menutup aurat nya dengan hijab syar'i nya. Atau ketika kita sedang terlilit hutang,  tiba2 saja ada yg memberi kita uang sebesar hutang yg melilit kita. Atau ketika kita kebetulan dipertemukan dengan seseorang yg mungkin buruk perangai nya sering menggunjing dan mencaci kita. tanpa kita sadari dosa kita berkurang dan iman kita juga bertambah dengan bersabar menghadapinya.
      Segala sesuatu yang terjadi disekitar kita terlalu berharga jika itu semua disebut kebetulan.  Bukankah segala sesuatu itu terjadi atas izin-Nya? Entah hal itu menyenangkan atau menyakitkan kita atau bahkan kita yang 'kebetulan' menyenangkan atau bahkan menyakiti saudara-saudari kita sendiri.
     Allah selalu punya alasan-alasan mengapa kita menghadapi hal-hal yang kita anggap kebetulan.  Entah itu semua bentuk ujian cinta darinya,  hadiah cinta darinya,  atau mungkin kita bisa menjadi perantara Allah untuk merubah saudara kita secara kebetulan. Resapilah kebetulan yang terjadi dalam hidup kita. Kebetulan yang sudah Allah takdirkan untuk kita menjalaninya                           
لا حول ولا قوة الا بالله العلي العظيم

Difa Raisatul Ummah
DFR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar